BERBAGI ILMU

|

“Pernah Bingung? Berarti Anda Manusia”


Pernah menghadapi situasi dimana anda bingung melakukan sesuatu. Bingung tidak tahu harus mengerjakan apa. Anda kebingungan akut .Suasana hati seperti terhimpit bebatuan besar. Dunia serasa amat sepi. Anda seolah tak memiliki teman satupun didunia yang luas ini.

Jika pernah merasakan hal tersebut berarti anda manusia. Berarti anda masih hidup di dunia. Itu artinya juga anda perlu berhenti sejenak dari rutinitas yang menjemukan. Cobalah melakukan sesuatu yang positif. Misalnya menulis tentang apa saja. Umpamanya anda menulis pengalaman masa kecil. Bagaimana masa kecil anda? Hidup dikeluarga seperti apa? Dimana saja menempuh pendidikan? Atau menceritakan hal yang paling membahagiakan yang pernah anda rasakan. Bisa juga menceritakan saat pertama kali anda naik pesawat. Tentunya itu pengalaman mengasyikkan. Siapapun kita terutama yang tinggal di kampung pasti amat terkagum-kagum dengan pesawat terbang. Bagaimana burung besi yang berat bisa terbang di udara.Tanpa sadar akhirnya anda bercita-cita suatu saat ingin naik pesawat. Memandangi dunia dari ketinggian.

Atau juga bisa anda ceritakan pengalaman pertama pergi ke luar kota.Pengalaman pertama ikut pengajian. Pengalaman pertama di kota rantauan. Pengalaman pertama sholat malam ditepi pantai. Pengalaman pertama ikut Mabit. Pengalaman pertama ikut acara tafakur alam. Pengalaman pertama bertemu teman terbaik. Pengalaman pertama bertemu calon mertua.Pengalaman pertama menggendong bayi. Dan masih banyak hal-hal lain yang bisa anda kemukaman dalam tulisan.
Ceritakan dengan mengalir sambil senyum-senyum kecil. Tanpa terasa jari jemari anda akan menari indah di keyboard. Seolah-olah setiap kata yang anda tuliskan melepaskan belenggu-belenggu kebingungan yang telah lama mengikat pikiran.

Cara lainnya Coba anda keluar dari kamar atau rumah. Pandangi langit luas tanpa tiang. Pandangi keagungan ciptaan Allah. Anda juga bisa menepi ditepi pantai. Menyendiri memandangi hamparan pasir dan luasnya lautan. Sendiri saja. Tanpa teman. Bayangkan seolah dunia hanya milik anda. Tarik napas dalam-dalam. Hembuskan perlahan-lahan.

Bayangkan setiap napas yang dihembuskan seolah-olahkan sedang melepaskan satu-persatu masalah yang sedang anda hadapi. Agar lebih mujarab tambahi dikit dengan tilawah Al Qur’an.Tanpa anda sadari dengan cepat masalah atau kebingungan yang sedang anda alami hilang. Tinggallah kelegaan yang luar bisa menghampiri hati anda yang sempat kebingungan. Setelah kebingungan hilang lanjutkan aktivitas hidup anda seperti biasanya. Nikmati setiap dinamikanya.Nikmati setiap petualangannya.

Bingung lagi. Mumet Lagi. Tenang itu bukan masalah.
Itu Berarti Anda masih manusia.

Cukup yakini tak ada masalah yang tak bisa anda taklukkan didunia ini. Lalu katakan dengan lantang
“Wahai masalah sebesar apapun dirimu. Aku punya Allah yang Maha Besar. Selainnya adalah kecil. Termasuk dirimu (MASALAH)”
Ketapang, 7 September2017
SR

Posted by Unknown on 09.20. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "“Pernah Bingung? Berarti Anda Manusia”"

Posting Komentar

CATATAN CINTA

ISLAM MANCANEGARA

BELAJAR FIQIH

SASTRA ISLAMI

Recently Added

KELUARGA

INSPIRASI TOKOH

DUNIA QUR'AN